Khasiat dan Manfaat Temulawak

 

Temulawak merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang sangat terkenal khasiatnya. Hampir seluruh produk jamu dan obat herbal yang diproduksi menggunakan temulawak sebagai salah satu bahannya.

Sejumlah referensi menyebutkan, temulawak yang bernama latincurcuma xanthorrhiza roxb berkhasiat untuk mengobati gangguan lever, mencegah hepatitis, meningkatkan produksi cairan empedu, membantu pencernaan, mengatasi radang kandung empedu, radang lambung dan gangguan ginjal.

Temulawak juga berkhasiat membantu menurunkan kadar kolesterol, anemia atau kurang darah, melancarkan peredaran darah, mencegah penggumpalan darah, malaria, demam, campak, pegal linu, rematik, sakit pinggang, peluruh haid, keputihan, sembelit, ambeien, menambah nafsu makan, batuk, asma, radang tenggorokan, radang saluran nafas, radang kulit, eksim, jerawat, meningkatkan stamina, radang kandung empedu dan batu empedu.

Berikut cara praktis meracik temulawak sebagai obat yang diperoleh dari berbagai sumber;

# Gangguan Lever
Untuk mengobati gangguan lever, gunakan 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum selagi hangat.

# Radang Sendi
Untuk mengobati radang sendi, rematik, pegal linu, ambil 25 gr temulawak berikut 20 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

# Peluruh Haid
Untuk peluruh haid, gunakan 25 gr temulawak diblender dengan air secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum.

# Radang Kandung Empedu
Untuk obat radang kandung empedu, gunakan 30 gr temulawak diiris-iris lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum. Selain itu, temulawak juga dapat digunakan untuk mengobati batu empedu. Caranya ambil 25 gr temulawak, 30 gr meniran dan gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

# Menurunkan Kolesterol
Untuk menurunkan kadar kolesterol, gunakan 20 gr temulawak kering ditumbuk halus lalu diseduh dengan air panas secukupnya dan diminum hangat-hangat.

# Radang Lambung
Untuk mengobati radang lambung, ambil 30 gr temulawak dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

# Batuk dan Radang Saluran Nafas
Untuk mengobati batuk dan radang saluran nafas, gunakan 25 gr temulawak diparut, tambahkan air matang secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis, kemudian diminum.

# Meningkatkan Nafsu Makan
Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.

Ramuan praktis ini digunakan untuk pengobatan dua kali sehari. Lakukan secara teratur supaya khasiatnya segera bisa dirasakan. 
Selamat mencoba cara hidup sehat secara alami.
Khasiat dan Manfaat Temulawak 4.5 5 Mustika Nata Tunggal Temulawak merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang sangat terkenal khasiatnya. Hampir seluruh produk jamu dan obat herbal yang ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar