PERUT BUNCIT DAN SOLUSINYA

 





PENYEBAB

Perut buncit terasa mengganggu? Melakukan apapun terasa kurang nyaman, kurang pede, sebenarnya perut buncit pun membuktikan bahwa kita kurang ‘nyunah’, karena jika kita mengikuti kebiasaan hidup Rasulullah Saw, insya Allah tidak akan mengalami perut buncit.
Berikut ini beberapa penyebab perut menjadi buncit:
1. Terlalu Banyak duduk
Sadar atau tidak, kebiasan duduk yang telalu lama setiap harinya adalah pemicu utama perut buncit, coba hitung berapa lama kita duduk dalam sehari semalam, baik di rumah, di tempat kerja maupun di sekolah, kurangi atau imbangi aktivitas duduk kita dengan aktivitas lainnya dengan berolah raga.

2. Banyak mengonsumsi gula dan karbohidrat.
Orang Indonesia memang sudah memiliki mindset bahwa makan tidak akan merasa kenyang tanpa memakan nasi atau karbohidrat lainnya. Akan tetapi ketika berlebihan kadarnya, akhirnya perut pun menggunung.

3. Tidur tak teratur
Tidur terlalu larut malam dan bangun kesiangan juga merupakan faktor penyebab terjadinya perut buncit, hal ini menyebabkan metabolisme menjadi tidak teratur atau bermasalah.

4. Kurang olahraga.
Sangat jelas sekali bahwa kurang olahraga dapat membuat perut menjadi buncit, sesibuk-sibuk apapun kita, sempatkanlah waktu untuk berolahraga setiap harinya, jika tidak bisa setiap hari maka cobalah waktu seminggu sekali.

5. Tidur setelah makan
Setelah makan langsung tidur? Tentu saja efeknya kurang baik untuk kesehatan, hilangkan kebiasaan ini jika ingin gunungan lemak di perut berkurang sedikit demi sedikit.

6. Konsumsi junkfood berlebihan
Makanan cepat saji seperti burger, mi instan, dan lain sebagainya juga menjadi pemicu timbunan lemak di perut.

7. Ngemil di atas jam 9 malam
Hentikan kebiasaan makan atau ngemil di atas jam 9 malam, karena  hal ini dapat memperparah kondisi perut.

SOLUSI

1.Kurangi konsumsi garam
Terlalu banyak garam akan menambah ektra sodium terhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluar dari sel. Akibatnya perut terasa penuh dan menggelembung.

2.Konsumsi serat yang tepat dalam jumlah cukup
Serat adalah elemen penting dalam diet, tetapi untuk mengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan penggelembungan, makanlah serat dalam buah-buahan seperti apel dan pear yang memiliki banyak kandungan air.
Makanan seperti oatmeal dan buncis mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu menyusutkan lemak perut dengan berbagai cara. Makanan ini membuat Anda merasa lebih cepat kenyang daripada makanan rendah serat, dan membutuhkan waktu mencerna lebih lama untuk membuat Anda merasa kenyang

3. Awasi pengobatan
Perut yang mengembang adalah efek samping dari konsumsi obat. Aspirin kadang-kadang menyebabkan masalah perut yang memicu sembelit dan penggelembungan, termasuk pil kontrasepsi.

4. Hindari sembelit
Sembelit didefinisikan sebagai memiliki lebih sedikit dari tiga kali buang air besar dalam seminggu atau jika terlibat ketegangan. Sebagai akibat perut terasa menambah besar. Untuk merangsang isi perut, tingkatkan konsumsi serat dari buah-buahan dan sayuran, lakukan secara gradual untuk menghindari fermentasi dan produksi gas yang berlebihan.

5. Konsumsi lemak sehat
Makanan yang kaya dengan lemak sehat ini antara lain minyak zaitun dan alpukat. Minyak zaitun secara khusus tidak hanya membantu Anda membakar lemak, tetapi juga membantu menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal. Anda juga bisa ngemil makanan, seperti kacang almond, yang tidak hanya kaya lemak tak jenuh tunggal, tetapi juga menjadi sumber protein yang memberikan efek membakar lemak. Almond juga membantu mencegah sakit perut akibat lapar

6. Olahraga
Olahraga memang salah satu cara yang wajib ditempuh untuk menghilangkan si perut buncit. Olahraga akan membantu menggerakkan cairan dalam perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk aliran darah dimana akan dikeluarkan sebagai keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai urine. Olahraga yang disarankan antara lain aerobic, berjalan kaki.

7.Selalu Bawa Air Putih
Ide untuk membawa air putih (air mineral) kemana pun anda pergi sebenarnya telah sering kita dengar untuk keperluan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Sedangkan dalam usaha untuk merampingkan ukuran perut yaitu, ketersediaan air putih mengurangi kemungkinan kita memenuhi kebutuhan hidrasi dengan minuman tinggi kandungan gula maupun bersoda.

9. Lupakan Fast Food
Usaha untuk ‘ngecilin’ perut buncit memang tidak semudah yang dibicarakan. Harus ada tekad yang kuat dan benar-benar diperjuangkan.
Makan rame-rame di gerai ‘makanan cepat saji’ dengan sajian utama ayam potong memang mengasyikkan, namun harus anda sadari jika menu-menu itu terlebih yang hanya disajikan dengan cara digoreng merupakan rintangan terbesar yang harus anda lalui.

10. Selamat Tinggal Minuman Bersoda
Ketika terik menyengat ubun-ubun anda, minuman bersoda bisa menjadi pahlawan saat itu. Namun tahukah anda, jika minuman bersoda merupakan sumber kalori yang sangat tinggi dengan nilai gizi dan nutrisi yang sangat rendah.
Hal itu disebabkan oleh komposisi fruktosa yang ada pada minuman bersoda. Ketidakmampuan tubuh untuk memproses dengan baik kalori yang bersumber dari fruktosa tersebut hanya akan berakhir pada lemak di perut.

11. Bukan Berarti Kelaparan
Menghilangkan perut buncit bukan berarti melewatkan salah satu waktu makan, apakah itu sarapan, makan siang maupun makan malam. Apalagi jika harus mengalami kelaparan karena mengurangi makan secara ekstrim.
Cara yang tepat adalah mengatur pola makan dan hanya mengkonsumsi makanan sehat dengan frekuensi yang tetap yakni makan tiga kali sehari, sarapan, siang dan malam.

12. Makan Secara Perlahan
Rasulullah mengingatkan untuk makan dengan tidak tergesa-gesa. Ternyata, hal itu juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan khususnya lemak dalam perut.
Karena makan secara perlahan akan menjaga anda untuk tetap makan dengan porsi yang proporsional dan seimbang. Jika tidak, tanpa sadar anda akan memasukkan memasukkan makanan dalam jumlah pesar kedalam perut.

13. Tidur Cukup dan Berkualitas
Jangan abaikan satu faktor penting ini. Jika anda beranggapan bahwa untuk mengatasi perut buncit hanya dibutuhkan latihan dan diet, maka sudah waktunya untuk berpikir ulang.
Berbagai referensi menyebutkan bahwa kecukupan waktu untuk beristirahat khususnya tidur malam hari memiliki peran yang sangat signifikan dalam upaya untuk memerangi permasalahan seputar obesitas dan postur tubuh yang tidak proporsional.

14. Lemon Hangat di Pagi Hari
Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah Anda terbangun adalah dengan memulai hari Anda dengan segelas lemon hangat diikuti dengan jus buah seperti mint dan ketumbar. Ini akan membantu metabolisme.
Selain itu Anda harus melakukan beberapa aktivitas fisik seperti jalan cepat atau jogging selama minimal 30 menit dengan beberapa latihan berkonsentrasi pada perut.

15. Latihan Senam Pernapasan
Rasanya terdengar ‘aneh bin ajaib’ jika upaya untuk menurunkan berat badan serta diet cepat dan sehat dihubungkan dengan latihan pernapasan. Namun fakta dan kenyataannya memang seperti itu. Latihan senam pernafasan dilakukan untuk melatih seseorang tetap tenang dengan menjaga ritme nafas agar senantiasa teratur, nyaman dan rileks.

Sumber : http://www.ummi-online.com
PERUT BUNCIT DAN SOLUSINYA 4.5 5 Mustika Nata Tunggal PENYEBAB Perut buncit terasa mengganggu? Melakukan apapun terasa kurang nyaman, kurang pede, sebenarnya perut buncit pun membuktik...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar