Keajaiban Pisang

 

Sample ImageApa sajakah buah-buahan yang disebutkan dalam Al Quran? Yap, salah satunya adalah pisang, Allah menyebutkan pisang adalah salah satu buah para penghuni surga. Hayooo Sahabat Ummi doyan makan pisang tidak?


Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)” (QS. Al-Waqiah 56:27-29)
Buah tropis yang banyak terdapat di Indonesia ini memang terbilang murah. Namun jangan salah, meski murah dan mudah didapat, pisang kaya manfaat. Ia mengandung kalium, tiga jenis gula alami - sukrosa, fruktosa, dan glukosa- yang dikombinasikan dengan serat.
Dibandingkan apel, pisang memiliki empat kali protein, dua kali karbohidrat, tiga kali fosfor, lima kali vitamin A dan zat besi, dan mineral lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.
Menurut penelitian, mengonsumsi 2 buah pisang membantu mendukung energi yang cukup untuk latihan berat selama 90 menit. Tak heran, pisang menjadi makanan wajib para atlet. Tetapi bukan hanya energi yang dapat dihasilkan oleh pisang, pisang juga membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan lain.
1.Depresi
Berdasarkan survei yang dilakukan di antara pasien penderita depresi, banyak yang merasa lebih baik setelah memakan pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung trytophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dapat membantu rileks dan memperbaiki mood lebih baik dan membuat seseorang bahagia.
2.Anemia
Tingginya zat besi pada pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu mengatasi anemia. Kalium yang ada pada pisang sangat tinggi namun rendah garam, sehingga sempurna untuk mengalahkan tekanan darah. US Food and Drug Administration baru saja mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan tekanan darah dan risiko stroke.
3.Meningkatkan daya otak
Penelitian menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Konsumsi pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang membantu meningkatkan kekuatan otak, terutama pada anak-anak.
4.Sembelit
Kandungan serat yang tinggi pada pisang dapat membantu menormalkan kembali pencernaan. Pisang baik untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut. Pisang juga satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa mengganggu sistem pencernaan dan mampu menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.
5.Mabuk
Jika Sahabat Ummi merasa mual karena mabuk, buatlah milkshake campuran pisang, madu, dan susu. Buah pisang  mampu meredakan perut mual ditambah madu yang dapat meredakan kadar gula. Sedangkan susu akan menenangkan dan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.
6.Morning sickness
Ngemil pisang di antara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menjauhkan ibu hamil dari morning sickness.
7.Gigitan nyamuk
Gosokkan bagian dalam kulit pisang ke area yang sering dihinggapi nyamuk. Banyak ditemukan orang yang sukses mengurangi pembengkakan dan iritasi.
8.Saraf
Pisang mengandung vitamin B yang membantu menenangkan sistem saraf kita. Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering memilih menyantap cokelat atau keripik, yang justru dapat menyebabkan munculnya penyakit. Lebih baik konsumsi cemilan pisang atau buah-buahan lain yang mengandung vitamin dan tidak menyebabkan penyakit.

Merawat kesehatan tubuh lebih baik kita lakukan dari dini sebelum penyakit mengahampiri keluarga kita. Dan ternyata, caranya sangat murah, yaitu cukup dengan menyediakan pisang setiap hari untuk cemilan sehat seluruh keluarga.

Dari berbagai sumber
Keajaiban Pisang 4.5 5 marlin marlin Apa sajakah buah-buahan yang disebutkan dalam Al Quran? Yap, salah satunya adalah pisang, Allah menyebutkan pisang adalah salah satu bua...