Manfaat Biji Alpuket

 

Tanpa disadari, saat mengonsumsi alpukat, kita kerap membuang bagian bijinya. Padahal biji alpukat masih dapat dimanfaatkan.
Yap. Bukan hanya sebagai bibit baru melainkan sebagai alternatif bahan kecantikandan pengobatan tradisional.
Pembaca, khususnya ibu rumah tangga pun dapat mengolahnya dengan mudah.
Masak sih, biji berwarna coklat, keras dan pahit itu masih bisa dikulik khasiatnya? Jangan salah ya, Sahabat , nutrisi yang terkandung dalam biji alpukat tak kalah hebat dengan daging buahnya lo.
Biji ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat di negara Meksiko dan suku Indian Amerika. Penelitian terkini yang dilakukan oleh Dabas D et.al., dan diterbitkan oleh Current Pharmaceutical Design (Vol. 9) menyebutkan bahwa biji alpukat dapat berguna dalam pengobatan hipertensi, kondisi peradangan dan diabetes. Bahkan biji ini kerap dikonsumsi oleh Dr.Tom Wu, N. M. D, penderita kanker paru-paru yang sembuh berkat gaya hidup sehatnya. Biji alpukat terbukti memiliki aktivitas antioksidan dan kandungan fenol yang jauh lebih tinggi daripada bagian lain yang dapat dimakan. Nah lo! Gak heran kan kalau dokter sekelas dunia saja menganjurkan kita untuk tidak melewatkan sajian smoothie biji alpukat setiap harinya.Nah, buat Sahabat Ummo yang tertarik ingin membuatsmoothie biji alpukat, dapat mengawali mengolah biji alpukat menjadi bubuk biji alpukat. Caranyamudah koq!
  • Bersihkan 2-3 biji alpukat dengan air bersih lalu iris tipis.
  • Jika matahari bersinar terik, manfaatkan untuk menjemur irisan biji alpukat. Pengeringan alami akan mengurangi tumbuhnya jamur.
  • Jika tidak ada matahari atau langit sedang berawan seperti saat ini maka irisan dapat disangrai atau dioven. Jika kondisinya tidak memungkinkan semua maka bisa langsung dihaluskan tapi bubuk yang sudah jadi harus sering dijemur dan diangin-anginkan ya.
  • Selanjutnya siapkanchoppersebagai penghalus. Sebaiknya sedikit demi sedikit irisan biji dihaluskan. Sisihkan dan ayak. Bagian yang masih kasar dapat dihaluskan kembali.
  • Simpan bubuk ini di tempat yang kering dan tidak mudah dimasuki serangga.       

Mudah kan cara membuatnya. Setelah memeroleh bubuk biji alpukat, Kita dapat mengolahnya menjadi smoothie sehat. Yakni mencampur bubuk biji alpukat dengan buah segar seperti pisang, apel, nanas dan jeruk nipis plus madu. Buah yang dipilih sebaiknya yang mengandung rasa manis. Tujuannya agar rasa pahit yang terkandung dalam bubuk biji alpukat dapat berkurang.
Ehm.. jangan kaget ya saat mencicipi minuman ini akan terasa pahit enak. Pahit - sepetnya berasal dari zat tanin yang juga kita temui di daun jambu biji dan daun teh. Enaknya tentu datangdari keinginan sehat kita.Nah, selain smoothie, ada cara lain yang bisa kita manfaatkan dari bubuk biji alpukat ini, yaitu untuk merawat kecantikan wajah. Jika Sahabat Ummi biasa membersihkan wajah dengan susu pembersih biasa maka cobalah dengan mencampur bubuk biji alpukat ke pembersih kita. Selanjutnya bersihkan dengan kapas seperti biasa. Scrub ini sangat baik untuk merawat kulit wajah. Tentu saja karena kandungan hebat dalam biji alpukat tadi.Ada lagi yang perlu kita ketahui nih, kandungan serat dalam biji alpukat melebihi serat yang dimiliki oatmeal. Jadi jika salah satu dari keluarga kita memiliki penyakit jantung, ada baiknya untuk mencoba menggantikan oatmeal dengan biji ini. Selain khasiat di atas, biji ini juga bisa mengatasi diare, masalah pencernaan, kencing manis, anti tumor, dan mengatasi sakit gigi karena berlubang juga mengusir ketombe.
Manfaat Biji Alpuket 4.5 5 Mustika Nata Tunggal Tanpa disadari, saat mengonsumsi alpukat, kita kerap membuang bagian bijinya. Padahal biji alpukat masih dapat dimanfaatkan. Yap. Bukan ha...