Adapter Amplifier OCL dengan Speaker Toa

 

Speaker toa umumnya menggunakan power khusus dengan rangkaian sistem push-pull dan trafo OT.
Bagaimana kalau speaker membran dipasangkan dengan amplifier biasa? Silakan tes amplifier ini dengan speaker toa (membran)! pasti jangakauan suara yang dihasilkan tidak jauh. Kita bisa mengakalinya dengan satu trafo dan satu biji elko
Rangkaian adapter:
Rangakaian ini berfungsi untuk menepis bass dan menyalurkan mid supaya lebih lepas optimal. Output yang dihasilkan dari speaker membran biasanya mid murni tanpa bas dan treble. Kita bisa menambahkan tweeter disamping/ditengah speaker membran. pasang tweeter ini secara paralel, jangan lupa pasang seri dengan kapasitor eklo 4,7uf/50v. sebagai contoh tweeter yang bertekanan suara paling kuat dan halus, PCT-5000 dari ACR. Jangkauan dari tweeter hanya beberapa puluh meter saja, tapi cukup lumayan. Mungkin perlu beberapa tweeter untuk segala arah, tergantung kebutuhan\\


 

elko tidak lebih dari 470~1.000uf/50v, trafo minimal 2a

Untuk Rekan Audio kreative :
aku sudah coba rakit dgn spesifikasi sbb :
1. Kit OCL 500 Watt Super, Elco Resonansi (C7) diganti dengan 47uf/50v (karakter mid-high).
2. Power Supply Trafo 5A/32V (Kecil) - Koneksi 18v
3. Tr Final Toshiba 5200 = 2 psg atau TIP 3055/2955
4. Trafo output 2A / koneksi pd 12v / 15v / 18v (Menggunakan Selector Potensio) utk mebedakan suara yang paling keras dan jauh.


Lebih baik kalo CT trafo tdk dihub langsung dgn ground tetapi melalui sebuah kapasitor. Shg secara umum rangkaian akan menjadi band pass crosoover (XO) terdiri high pass XO 6 db/octave berupa kap 1000 uf dan low pass XO 18 db/octave terdiri 2 kumparan trafo & capasitor tambahan di kaki CT.
Bila tanpa kapasitor maka sebagian besar spektrum suara mid yg ditapis cap 1000 uf dan kumparan pertama dr trafo akan short circuit ke ground melalui CT, danger for the ampilifier and not good for the sound.
Atau alternatif tersimple, kaki CT dibiarkan menggantung tanpa tersambung ke ground shg trafo menjadi low pass XO orde pertama 6 db/octave. Tetapi negatifnya frek potong jadi rendah shg treble tdk terlalu keluar krn kedua kumparan trafo terhubung seri shg induktansinya menjadi besar.
Thx a lot.



Super OCL 500 watt, untuk didalam ruang masjid mengangkat 6 unit speaker coloum Toa @ 2 Speaker per box coloum, hasil suara jernih, lantang, vokal jelas, spesifikasi :
- Driver Super OCL 500 watt ( produk audio kreatif )
- Desain seperti gambar mas sani diatas
- trafo supply 10a/32vct
- clip signal (produk audio kreatif)
- trafo matching 3A/12v ( paling jernih di 12v )
- tone control parametrik ( produk audio kreatif )
- input balance + unbalance
Adapter Amplifier OCL dengan Speaker Toa 4.5 5 marlin marlin Speaker toa umumnya menggunakan power khusus dengan rangkaian sistem push-pull dan trafo OT. Bagaimana kalau speaker membran dipa...