Menanam pepaya dalam pot

 

Menanam pepaya dalam pot?? Mungkin hal tersebut agak aneh dan jarang kita mendengarnya. Buah pepaya pada umumnya ditanam di tanah untuk mendapatkan buah yang maksimal.Akan tetapihal tersebut dapat dilakukan dengan mudah sekarang.



 Hal ini dikarenakan sifat pohon pepaya sendiri yang pada umumnya cenderung tinggi dan akar yang memanjang.Jika ditanam dalam pot tentunya perlu perlakuan khusus ,jika tidak pohon pepaya akan mudah roboh dan pertumbuhannya tidak maksimal. 

Supaya mendapatkan pohon pepaya dalam pot yang bagus pertumbuhan serta buahnya maksimal ,maka diperlukan teknik khusus yang berbeda dari menanam pepaya konvensional pada umumnya.Yaitu dengan metode hidroponik serta pemilihan bibit pepaya yang tepat.Hal ini dikarenakan dengan hidroponik kebutuhan nutrisi tanaman dalampot akan terpenuhi, selain itu perlu perlakuan khusus pada pohon pepaya itu sendiri yaitu dengan teknik pemangkasan pucuk.

Sebetulnya ada jenis Pepaya  yang tanpa melakukan pemangkasan pucuk dia sudah pendek dan berbuah lebat. Namanya Pepaya Carmida. Jika tidak mendapatkan bibit pepaya Carmida bisa menggunakan bibit pepaya jenis lainnya yang setipe,misalnya pepaya california.  Dalam tutorial ini menjelaskan bagaimana membuat pepaya pendek dan berbuah lebat diusia 3bulan. Panduan menanam pepaya hidropoik ini diambil dari grup diskusi Fb" Rumah Hidroponik BerthaSuranto"

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.Siapakan pot besar ukuran no 90 dengan diameter 60cm. Potnya tidak ada lubang di     bawahnya,jika memiliki pot yang berlubang tutup lubang dengan semen atau plastik yang dilelehkan.


    pot besar90cm



    2. Buat lubang disamping kira-kira dari dasar 20cm..utk batas nutrisi.

    potdilubangi



    3. Isi pot dengan batu bata kira-kira 2 lapis saja tujuannya agar akar bisa mencengkeram dan pohon tidak goyang-goyang.

    potisibatu



    4. Pasang paralon secara vertikal di dalam pot, disamping memiliki fungsi supaya akar dapat bernafas(supaya suply oksigen tercukupi) juga dapat digunakan untuk mengecek ketinggian sisa nutrisi.

    paralondipot



    5. Masukkan media tanam berupa campuran cocopeat dan sekam bakar dengan perbandingan 2:1

    6. Tanam pohon pepaya yang sudah dipangkas. (Saat pepaya berusia 1 bulan kira-kira setinggi 30cm. Pucuknya dipangkas. Lalu seminggu kemudian dipindah ke pot besar.)

    tanampepayahidroponik



    7. Beri nama dan keterangan, kemudian simpan tempat teduh dulu selama 3hari. Isi nutrisi sampai batas lubang dg nutrisi buah 1200ppm, Saat berbunga mulai kasih nutrisi 1500 dan Saat berbuah mulai kasih nutrisi 1800 ppm.

    keteranganpot



    SELAMAT MENCOBA.....
    Menanam pepaya dalam pot 4.5 5 marlin marlin Menanam pepaya dalam pot?? Mungkin hal tersebut agak aneh dan jarang kita mendengarnya. Buah pepaya pada umumnya ditanam di tanah untuk me...