Tips Persiapan Menjelang Mudik

 

Musim Mudik Lebaran sebentar lagi,
tapi ada baiknya kita memeriksa kendaraan untuk mudik sejak sekarang. Ada tips beberapa point yang harus diperiksa dengan teliti, diantaranya:

Tips Pertama Servis 1 Tune Up Mesin
Servis ringan / tune up-lab mesin mobil anda seminggu atau lebih sebelum melakukan perjalanan jauh/mudik, karena banyak bengkel mobil yang tutup menjelang han raya Idul Fitri. Dengan melakukan servis ringan/check up parts, kondisi parts ataupun kelainan pada mesin dápat diketahui dan dapat segera diperbaiki atau diganti bila memang waktunya, rnisalnya injectorfkarburator, busi dan kabelnya, kabel delco, tali kipas dan banyak lagi.

Tips kedua Pemeriksaan Radiator
Periksalah kondisi radiator agar terhindar dan temperatur mesin meningkattinggi (Engine Overheating). Apakah ada kebocoran atau tidak pada radiator, setelab itu cek ketinggian permukaan radiator, jika kurang segera isi. Pastikan air yang dipakal dalam kondisi yang bagus, jika air didalam radiator sudah terlihat keruh sebaiknya lakukan pengurasan.
Jangan lupa cek juga kondisi selang-selang penghubung radiator, segera ganti jika terlihat sudah mengeras atau mengembung.

Tips ketiga Pemeriksaan Oil Mesin
Sebaiknya ganti oh mesin dengan yang baru meskipun hitungan kilometer untuk oh lama belum waktunya diganti. Penggantian oh mesin ada baiknya dilakukan saat melakukan servis I tune up mesin dibengkel.

Tips keempat Pemeriksaan Sistem Kelistrikan dan Pengapian
Periksalah dinamo starter, alternator, kalau perlu diservis atau diganti.
Begitu juga dengan kondisi accu (Aki), bila sudah terasa melemah dan
tenlihat lempengan sel-nya sudah berka rat segera ganti baru.

Tips kelima Pemeriksaan Kampas Kopling (Persneling Manual)
Periksa bahwa pedal kopling methiliki gerak bebas sebesar 3-6mm. Pastikan kopling tidak slip, akibat kanvas kopling yang aus atau setelan kopling yang tidak tepat. Karena bila kopling slip dapat menyebabkan mobil tidak bertenaga, terutama saat menanjak

Tips keenam Pemeriksaan Filter2 (Air, Oil & Fuel Filter)
Periksa dan bersihkan saringan udara (Air Filter), jika terlihat sudah sangat kotor atau telah menempuh perjalanan 20.000 Km, begitu juga dengan fuel filter-nya, segera ganti dengan yang baru. Pada mesin juga terdapat saringan oh (Oil Filter), segera ganti jika telah digunakan sampai 10.000 Km.

Tips ketujuh Pemeriksaan Rem
Pemeriksaan rem mi meliputi Periksa selang dan master rem jangan sampai ada kebocoran, segera perbaiki atau ganti jika ada kebocoran minyak rem; Cek volume mmnyak rem, jika berkurang segera isi hingga batas maksimal; Cek permukaan kanvas rem (Break Pad), jika telah menipis segera ganti bang Cek kinerja remnya, apakah berfungsi dengan balk atau tidak saat menghentikan laju mobil (Tidak Blong). Terakhir cek juga fungsi rem tangan (Hand brake).

Tips Kedelapan Pemeriksaan Ban
Perhatikan kondisi keausan dan umur ban. Jika telah melebihi batas amen segera ganti, namun jika masih dalam keadaan baik, pastikan tekanan ban sesuai dengan stander spesifikasi yang ditentukan. Perhatikanjuga kondisi

Tips Kesembilan Pemeriksaan Suspensi
Raglan mi tidak boleh terlupakan, karena fungsi dan kekuatannya sangat penting. Jika terasa keras ataupun per sudah terasa amblas (lemah), mounting rusak, secepatnya diganti sokbreker atau per-nya, lebih balk diganti langsung 1 set, karena perjalanan jauh dan beban berat pada mobil akan membuat kaki-kaki bekerja lebih ekstra untuk menjaga kestabilan dan menopang lebih berat.

Tips kesepuluh Spooring & Balancing
Proses spooring dan balancing akan sangat berguna untuk mendapatkan kestabilan handling saat melaju pada kecepatan tinggi. Periksa juga bearing, tierod roda apakah masih bagus atau tidak, pastikan baut roda sudah kencang.

Tips Kesebelas Periksa Wiper
Periksa fungsi wiper beserta volume airnya, segera ganti karetnya jikatelah rusak atau mengeras untuk menghindari kaca depan tergores.

Tips Keduabelas periksa Lampu-L.ampu
Pastika fungsi lampu seperti : Lampu depan, belakang, rem, sein, mundur, hazard berfungsi dengan bailc. Bila tidak ada lampu kabut, sebaiknya segera dipasang, karena lampu mi akan sangat berfungsi saat kondisi jan sedang hujan deras dan berkabut, persiapkan juga bohlam cadangan unik semua lampu.
Tips Persiapan Menjelang Mudik 4.5 5 Mustika Nata Tunggal Musim Mudik Lebaran sebentar lagi, tapi ada baiknya kita memeriksa kendaraan untuk mudik sejak sekarang. Ada tips beberapa point ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar