Jenis UPS : UPS Line Interaktive

 

Postingan sebelumnya saya membicarakan tentang Jenis UPS : UPS Offline.
Kelemahan dari UPS offline yaitu masih ada transfer time atau waktu jeda pada saat perpindahan dari mode bypass ke mode batere pada saat terjadi mati listrik. Kelemahan lainnya tidak adanya fungsi penyetabil tegangan listrik atau stabiliser (AVR).
Untuk memperbaiki tegangan listrik pada saat ups bekerja dari sumber listrik utama dalam hal PLN maka ditambahkan stabiliser pada peralatan UPS. Jenis UPS yang ada stabilisernya inilah yang kemudian disebut dengan UPS Line Interaktive.
Mari kita lihat blok diagram berikut ini :


Keterangan gambar sebagai berikut :
Pada saat sumber listrik utama ada maka ups akan bekerja dari AVR atau stabiliser sehingga tegangan output dari UPS Line Interkative dapat dikoreksi kualitasnya dari gangguan tegangan sumber yang naik turun. Dan fungsi dari AC /DC dalam hal ini disebut charger akan mengisi batere.
Pada saat sumber listrik padam maka UPS Line Interaktive ini akan bekerja dari inverter (di diagram tertulis DC/AC atatu pengubah arus DC ke AC) yang mendapatkan sumber arus dan tegangan listrik dari battere.
Di jenis UPS Line interaktive ini masih ada transfer time atau jeda waktu pada saat perpindahan dari AVR (Stabiliser) ke Inverter (Baterre) pada saat listrik utama padam atau sebaliknya. Inilah kelemahan dari UPS Line Interaktive yaitu masih ada transfertime.

Jika beban anda tidaklah kritis UPS line interaktive ini dapat menjadi pilihan karena memang  UPS jenis Line interaktive inilah yang paling umum ada dipasaran.
Moga manfaat, kalau ada mau menambahkan silahkan....
Jenis UPS : UPS Line Interaktive 4.5 5 marlin marlin Postingan sebelumnya saya membicarakan tentang Jenis UPS : UPS Offline. Kelemahan dari UPS offline yaitu masih ada transfer time atau...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar