Penyebab Kompressor Macet / ngejem / gagal start

 

Compressor pendingin refrigerator merupakan sebuah alat pumpa gas refrigrant yang berfungsi untuk menyirkulasi gas freon, merubah dari bentuk gas dan mengembun di ruang pipa kondensor dengan cara memampatkan dan selanjutnya berubah wujud menjadi cair bertekanan tinggi melalui pipa kapiler.

Gambar mesin compressor dengan model terbuka.

Gas freon ( refrigrant ) mengalir ke pipa kapiler dengan tekanan tinggi, karena pipa kapiler mempunyai ukuran lumayan panjang sesuai dengan ukurannya, maka tekanan gas cair berkurang dan menyembur ke ruang pipa evaporator.

Gas freon yang berada di ruang evaporator dan bertekanan rendah mengalami evaporasi, yaitu perubahan wujud dari zat cair menguap menjadi gas.

Perubahan gas dari cair menguap menjadikan ruang pipa evaporator dingin, hal ini dikarenakan udara / ruang evaporator diambil energi panasnya oleh proses penguapan.

Sebagai contoh :
Bensin / alkohol ketika diteteskan pada tangan akan terasa dingin, hal ini dikarenakan energi panas diambil oleh bensin / alkohol dengan cara perubahan zat cair menjadi uap.

Gas freon yang menguap selanjutnya kembali ke mesin compressor.

Dari kerja compressor yang begitu berat maka kemungkinan bisa terjadi kerusakan.

Macam kerusakan pada mesin compressor
1. Kawat kumparan kebakar / short.
2. Tekanan berkurang karena putaran menurun atau karena piston ngeplos.
3. Compressor macet.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kenapa compressor bisa macet ? apa penyebab compressor macet ?

PENYEBAB COMPRESSOR MACET
Berikut ini hal yang mungkin bisa Anda ketahui pemicu terjadinya kerusakan.

OVERLOAD / OVERHEAD MENYEBABKAN COMPRESSOR MACET
Penyebab terjadinya ;
Panas berlebih ( OVERLOAD ) bisa terjadi dikarenakan kerja compressor terlalu berat akibat penggunaan dengan beban bahan makanan, sayuran atau minuman terlalu banyak. 
Menutup pintu tidak rapat atau karet pintu yang sudah rusak bisa berakibat mesin compressor bekerja terlalu berat karena udara dingin keluar dan membuat umur pendek.
Meletakkan lemari pendingin terlalu dekat dinding tembok atau barang lain yang berhimpitan menyebabkan mesin compressor panas tinggi karena kondensor tidak dapat membuang energi panas dengan sempurna, hal ini juga akan mengganggu proses pendinginan. 
Kebuntuan gas freon ( refrigrant ) yang berakibat kerja mesin cukup berat. 
Kebocoran gas yang menyebabkan hidup terus menerus karena pengatur suhu ( thermostat ) tidak memutus arus ke mesin compressor.


LISTRIK DROP / VOLTASE MENURUN TIDAK SETABIL BISA MENYEBABKAN COMPRESSOR MACET

Penyebab terjadinya ;

Voltase listrik tidak stabil bisa berpengaruh dengan compressor macet / ngejem, karena terjadi gagal start.

KEMASUKAN AIR DARI KEBOCORAN PIPA EVAPORATOR MENJADI PENYEBAB MESIN COMPRESSOR RUSAK

Air es yang mencair karena rusak masuk ke lubang kebocoran tersedot masuk ke mesin compressor bercampur dengan oli berakibat karat dan menimbulkan kemacetan serta kumparan short.

Sebelum melakukan langkah perbaikan mesin compressor yang ngejem dan panas, saya sarankan sebaiknya mengganti compressor baru, karena pasti ada salah satu yang cacat / hampir rusak, entah itu kumparan / lilitan, atau piston yang sudah lecet atau barit.

Namun karena harga untuk membeli mesin compressor baru lumayan tinggi, maka saya beritahukan solusi mengatasi kerusakan pada mesin compressor secara aman agar bisa dipakai lama.


CARA MENGATASI / PERBAIKI COMPRESSOR MACET DENGAN AMAN
Agar bisa dipakai kembali dalam jangka waktu cukup lama, maka bisa Anda coba langkah berikut :

  1. Buang oli yang berada didalam compressor melalui pipa hisap.
  2. Belah compressor secara melingkar dibawah bekas las pabrikan. Untuk membelah compressor jangan sampai tembus kedalam, untuk membelah hanya untuk membuka bekas las pabrikan, saya sarankan untuk memakai gergaji besi untuk pertama kali membelah compressor. Bila sudah berpengalaman, supaya mudah, cepat dan tidak capek bisa dengan gerinda.
  3. Compressor yang sudah terbelah akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini


Langkah yang Anda perlu lakukan adalah ketok pelan-pelan secara bergantian pada tanda panah tersebut sambil tuangkan oli sedikit demi sedikit diatas as dan pistonnya, sampai bisa bergerak memutar dengan lancar.

Putar dengan tangan, bila sudah tidak terlalu berat bisa Anda coba dengan menghidupkan compressor dan ukur ampere beserta tekanan compressor, bila semua kondisi bagus selanjutnya pasang lagi compressor seperti semula.

Tempel penutup compressor dengan las listrik dengan rapat supaya tidak bocor pada waktu isi gas freon ( refrigrant ).

Demikian cara memperbaiki compressor kulkas, freezer atau showcase macet / ngejem
Penyebab Kompressor Macet / ngejem / gagal start 4.5 5 marlin marlin Compressor pendingin refrigerator merupakan sebuah alat pumpa gas refrigrant yang berfungsi untuk menyirkulasi gas freon, merubah dari be...