JINAYAT DAN QISHOS

 

KITAB JINAYAT 

Macam-macam Pembunuhan 

Macam-macam pembunuhan ada 3:

  1. Pembunuhan yang disengaja, 
  2. Pembunuhan yang tidak disengaja. 
  3. Pembunuhan yang disengaja, akan tetapi mengandung unsur kekeliruan (salah sasaran). 

Pembunuhan yang Disengaja 

Pembunuhan yang disengaja adalah memukul seseorang dengan sengaja, dengan sesuatu yang memang bisa menimbulkan kematian, dan mempunyai rencana (tujuan) untuk membunuh dengan alat tersebut. Maka wajib hukum qishash baginya, namun keluarga yang terbunuh memaafkan, maka pembunuh wajib membayar diyat yang berat, dan disegerakan pembayarannya dari harta pembunuh.

Pembunuhan yang Tidak Disengaja 

Pembunuhan yang tidak disengaja, adalah seperti melempar benda pada sesuatu, kemudian mengenai seseorang dan menjadikan kematiannya. Dalam hal ini tidak ada hukum qishash, akan tetapi dia wajib membayar diyat ringan yang diberikan kepada kerabat yang terbunuh, yang pembayarannya boleh dicicil selama 3 tahun.

Pembunuhan yang Salah Sasaran 

Pembunuhan yang disengaja akan tetapi mengandung Unsur kekeliruan, seperti memukul seseorang dengan sengaja dengan benda yang biasanya tidak sampai menyebabkan kematian, kemudian orang tersebut meninggal, maka tidak ada qishash baginya. Akan tetapi dia wajib membayar diyat yang berat kepada kerabat yang terbunuh, pembayarannya boleh diangsur selama 3 tahun.

QISHASH 

Dasar hukum qishash berdasarkan firman Allah swt., dalam QS. aI-Baqarah ayat 1 78:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh. Orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita. Maka barang siapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hen daklah (yang diberi maaf) membayar (diyat) kepada yang membeni maaf dengan cara yang balk (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barang siapa yang melampaul batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih.” (QS. al-Baqarah: 178) 

Syarat-syarat Wajib Qishash 

Syarat wajib qishash ada 4:

  1. Pembunuh adalah orang yang sudah baligh. 
  2. Pembunuh adalah orang yang berakal (tidak gila). 
  3. Pembunuh bukan bapak dari orang yang dibunuh. 
  4. Kedudukan yang dibunuh tidak kurang dari kedudukan pembunuh. Orang yang dibunuh bukan orang kafir atau hamba sahaya. 

Pembunuhan Bersama 

Pembunuhan secara bersama yang dilakukan oleh orang banyak tetap dijatuhkan hukum qishash untuk semuanya.
Tiap-tiap orang dan dua orang yang terkena hukum qishash karena pembunuhan, hukum qishash dilaksanakan di antara mereka. Hal ni juga berlaku dalam anggota-anggota badan.
Syarat-syarat Wajib Qishash pada Anggota Badan Syarat-syarat qishash pada anggota badan ada 2 selain syarat-syarat yang telah disebutkan di atas:

  1. Kesamaan dalam penyebutan anggota badan, seperti: anggota badan kanan dengan kanan, dan anggota badan kiri dengan kiri. 
  2. Tidak berlaku hukum qishash pada salah satu anggota badan sebab kelumpuhan. 

Setiap anggota badan pada persendiannya adalah hukum qishash, akan tetapi tidak ada hukum qishash pada luka, kecuali sangat parah lukanya.

JINAYAT DAN QISHOS 4.5 5 marlin marlin KITAB JINAYAT  Macam-macam Pembunuhan  Macam-macam pembunuhan ada 3: Pembunuhan yang disengaja,  Pembunuhan yang tidak disengaja....